Graha Mayang No.5
Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah
0811-2635-845
0811-2635-845
[email protected]
TWGroup Rent All City

Harga Tiket Masuk Taman Sriwedari Solo

Taman Sriwedari Solo
by

Salah satu objek wisata buruan wisatawan domestik maupun asing, Taman Sriwedari yang menyimpan sejumlah kebudayaan dan sejarah yang menyelimutinya. Di tempat ini banyak sekali spot-spot yang menonjolkan budaya Solo pada masa lampau hingga sekarang.

Di sini kamu akan mendapat edukasi mengenai sejarah. Untuk kamu yang mau liburan ke Kota solo, jangan lupa mampir ke sini ya. Kami akan memberikan beberapa informasi tentang Taman Sriwedari, meliputi jam buka, fasilitas, sejarah, dan harga tiket masuk taman sriwedari solo. Berikut ini pembahasannya :

Taman Sriwedari Solo

Taman Sriwedari merupakan taman yang sudah ada sejak lama, bertahun-tahun lalu taman ini dibuat oleh Pakubuwono X. Belum komplit rasanya jika kamu yang berlibur di kota Solo tanpa mampir ke objek wisata ini. Bahkan ada slogan tentang taman ini yakni “Belum kelihatan jika kamu belum pernah nongkrong di sini”.

Lihat juga Taman Bermain Anak di Solo

Taman Sriwedari berlokasi di kecamatan Laweyan dan dulu difungsikan untuk hiburan untuk berakhir pekan oleh warga Solo. Bukan saja untuk hiburan semata taman yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57141 ini, juga sering dipakai sebagai lokasi untuk acara malam selikuran yang diadakan oleh warga sekitar saat malam tanggal 21. Yang bila diterjemahkan dalam bahasa jawa 21 adalah “selikur”. Di acara ini masyarakat setempat akan berkumpul dan berdo’a bersama.

Di kawasan taman Sriwedari ini terdapat gedung wayang orang atau GWO di dalamnya. Objek wisata ini sudah mengalami banyak perubahan dari luarnya, dilihat dari beberapa foto yang diambil dari tahun ke tahun, namun dalamnya masih sama.

Gedung wayang orang adalah tempat dari pertunjukkan wayang orang, yang biasanya menampilkan sketsa dengan naskah Mahabharata dan Ramayana. Terdapat beberapa ornamen hiasan GWO yang dipajang, seperti lukisan besar yang diletakkan di dinding sebelah kanan dan kiri atas. Lukisan yang berada di kanan atas dinding adalah lukisan yang mengisahkan Dewaruci, dewa yang dianut oleh Werkudara alias Bima. Sedangkan lukisan yang diletakkan di sisi kiri atas dinding bercerita tentang Kresno Duto.

Keistimewaan dan asal-usul Taman Sriwedari

Sejarah asal-usul Taman Sriwedari berawal dari Pakubuwono X yang saat itu menjabat sebagai pemimpin Solo, yang memprakarsai berdirinya Taman Sriwedari.

Fakta unik Taman Sriwedari

Bila kamu mencari tahu nama Taman Sriwedari, ternyata nama tersebut bukan saja digunakan untuk tempat ini, namun banyak juga tempat yang dinamai serupa dengan nama tempat ini. Ada Cluster Sriwedari, yakni suatu nama dari kompleks perumahan di Jalan Taman Harapan Baru Blok A1 No. 11, jalan Pejuang, Medan, Satria, Kota Bekasi, provinsi Jawa Barat 17125. Nama Sriwedari juga dipakai di salah satu kawasan perumahan di Cibubur, Depok. Ada juga Hotel Sriwedari di Jogja, Pusat kuliner di Sukabumi, dan toko buku.

Harga tiket masuk taman sriwedari Solo dan jadwal buka

Tarif tiket atau htm untuk tempat rekreasi sambil belajar budaya tradisional ini cukup murah dan sangat terjangkau, yakni kamu hanya perlu membayar Rp7000 per orang, dan tiket masuk ke gedung wayang orang sebesar Rp3000 per orangnya.

Lihat juga Oleh Oleh khas Solo

Jadwal buka Taman Sriwedari mulai dari hari senin sampai minggu, jam 10 pagi menjelang jam 10 malam. Untuk gedung wayang orang buka pukul 8 sampai 11 malam, hari minggu tutup.

Oke terimakasih, itulah ulasan data-data dari Taman Sriwedari, dari sejarah, fasilitas, jam buka dan harga tiket masuk taman sriwedari Solo.


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0811 2635 845