Graha Mayang No.5
Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah
0811-2635-845
0811-2635-845
[email protected]
TWGroup Rent All City

5 Tempat Wisata Keluarga di Solo

Tempat Wisata Keluarga di Solo
by

Solo dikenal sebagai kota budaya karena di sini banyak sekali ditemui bangunan-bangunan tua yang syarat akan nilai sejarahnya.

Solo juga berbatasan langsung dengan daerah wisata lainnya yang ada di Jawa Tengah seperti Boyolali, Klaten dan Pacitan dengan pantainya yang sedang booming akhir-akhir ini.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan tentang tempat wisata keluarga di solo yang pastinya akan sangat menarik dikunjungi bersama keluarga tersayang. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata Keluarga di Solo

1. Keraton Surakarta

Tempat wisata pertama yang wajib dikunjungi bersama keluarga adalah Keraton Surakarta yang di dalamnya terdapat banyak sekali nilai sejarahnya. Bangunan ini pertama kali didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur akibat peristiwa Geger Pecinan pada tahun 1743 silam.

Lihat juga Tempat Wisata Keluarga di Solo

Hingga kini keraton Surakarta masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan sekaligus menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Solo. Salah satu kompleks di dalam keraton dijadikan sebagai museum yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan kasunanan seperti misalnya gamelan, replika pusaka keraton dan benda-benda bersejarah lainnya yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa.

2. Taman Sriwedari

Tempat wisata keluarga di solo selanjutnya adalah Taman Sriwedari, taman yang berada di daerah Laweyan, Solo ini sudah ada sejak masa kepemimpinan Pakubuwana X. Selain digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan hiburan rutin Malam Selikuran, Taman Sriwedari juga pernah dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan PON pada tahun 1948.

Di sekitar area Taman Sriwedari terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang menjadi tempat pertunjukkan wayang orang, di kiri kanan dinding atasnya terdapat lukisan yang menggambarkan epos Mahabharata dengan tajuk ‘Kresno Duto’

Jika kamu berniat untuk berkunjung ke tempat ini, datanglah pada pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam. Harga tiket untuk per orangnya juga cukup murah yaitu hanya Rp. 3.000 saja.

3. Museum Manusia Purba Sangiran

Meskipun letaknya tidak berada persi di kota Solo namun tempat wisata edukasi ini sangat sayang untuk dilewatkan saat kamu berlibur si Solo bersama keluarga. Seperti namanya, museum manusia purba Sangiran berada di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah.

Lokasinya memang tidak jauh dari situs purbakala Sangiran yang sudah dinyatakan oleh Unesco sebagai salah satu warisan dunia. Tempat wisata edukasi yang memiliki luas sekitar 56 km persegi ini, tidak hanya difungsikan sebagai destinasi wisata saja, akan tetapi juga dijadikan sebagai pusat penelitian oleh arkeolog dari dalam maupun luar negeri yang ingin mengetahui sejarah kehidupan manusia pada zaman prasejarah.

Selain ditemukannya fosil rahang bawah Pithecanthropus erectus, di sini juga terdapat jejak peninggalan masa lampau yang usianya mencapai 200.000 hingga 2 juta tahun.

4. Taman Balekambang

Buat kamu yang menyukai suasana asri dengan pepohonan hijau dan sejuk, wajib nih berkunjung ke Taman Balekambang yang ada di Jalan Ahmad Yani, Solo. Tempat ini terbagi menjadi dua komplek, yang pertama yaitu Partinah Bosch yang menjadi rumah dari berbagai tanaman langka, seperti beringin putih, beringin sungsang, kenari dan apel cokelat. Sedangkan kompleks kedua yaitu bernama Partini Tuin (Taman Air Partini) yang berupa kolam dengan perahu-perahu hias yang bisa dinaiki oleh para wisatawan.

5. Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru merupakan destinasi wisata modern yang ada di tengah-tengah Kota Solo. Tempat ini menawarkan sensasi wisata seru yaitu berupa wahana atau permainan air yang sangat cocok dikunjungi bersama seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak.

Lihat juga tempat kuliner di solo

Tema dan konsep epos Mahabarata yang dipakainya menjadikan objek wisata ini menjadi favorit wisatawan selain karena kolam renang yang luas, ombak buatan, seluncuran dan aneka permainan anak. Di Pandawa Water World kamu akan melihat patung-patung besar Pandawa lima. Harga tiket masuk objek wisata ini untuk per orangnya adalah Rp80.000 pada hari biasa dan Rp100.000 pada akhir pekan.

Nah itulah tadi ulasan mengenai tempat wisata keluarga di solo yang tentunya akan sangat menyenangkan dan bisa sejenak untuk menghilangkan beban pikiran.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0811 2635 845