Graha Mayang No.5
Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah
0811-2635-845
0811-2635-845
[email protected]
TWGroup Rent All City

Tempat Pariwisata Di Solo Yang Paling Rekomended

Tempat Pariwisata Di Solo Yang Paling Rekomended
by

Kota solo merupakan nama sebutan dari kota surakarta. Kota ini merupakan salah satu kota madya yang berlokasi di jawa tengah bagian selatan. Pada zaman dahulu, surakarta merupakan sebuah tempat karesidenan yang meliputi beberapa wilayah, yakni surakarta, boyolali, sukoharjo, karanganyar, sragen, wonogiri dan klaten.

Lihat juga pantai di solo

Dulu, pernah ada singkatan untuk menyebut semua kabupaten ini adalah “ Subo Suko Wonosraten “. Saat ini, Surakarta atau Solo sudah di jadikan sebagai Cluster Pariwisata Di Solo dengan obyek wisata yang berada di kota solo maupun Kabupaten di sekitar Solo.  Berikut ini beberapa Pariwisata Di Solo di solo yang banyak di kunjungi para wisatawan:

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Berkunjung ke kota Solo, rasanya tidak lengkap kalau belum berkunjung ke Keraton Surakarta. Dahulu, keraton ini merupakan bagian dari kerajaan Mataram, namun karena permasalahan politis dengan Belkamu, akhirnya Kerajaan Mataram ini di pecah menjadi 2 bagian yaitu Kasunanan Surakarta yang di pimpin oleh Pakubuwana III dan Kasultanan Yogyakarta yang di pimpin oleh Pangeran Mangkubumi. Lalu, Pangeran Mangkubumi ini kemudian bergelar Sultan Hameng Kubuwana I sekaligus titik awal Kerajaan Yogyakarta yang masih berdiri hingga sekarang.

Keraton Surakarta sampai saat ini masih berdiri tegak yang mana di dalamnya terdapat berbagai macam peninggalan para raja-raja yang masih tersimpan.

Pengunjung juga dapat melihat koleksi yang ada di sana. Keraton ini juga sering mengadakan upacara adat yang masih tetap di selenggarakan pada hari-hari tertentu seperti Sekaten pada Malam Maulid Nabi dan Arak Kebo Kyai Slamet setiap Malam 1 Suro. Oleh karena itu, sampai sekarang Keraton Surakarta dijadikan sebagai Tempat Pariwisata Di Solo yang sangat diminati para Wisatawan Lokal maupun Mancanegara.

Istana Atau Pura MangkuNegaran

Setelah Kerajaan Mataram di pecah oleh VOC atau Belkamu, yang menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta ternyata Krisis yang di alami oleh Kerajaan Mataram belum berakhir sampai di sini. Dua tahun setelah Perjanjian Giyati, Kasunanan Surakarta di pecah lagi menjadi 2 bagian yaitu: Kasunanan Surakarta Dan Mangkunegaran. Raja dari Mangkunegaran di pimpin oleh Raden Mas Said yang kemudian bergelar Mangkunegoro.

Saat ini Pura Mangkunegaran dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat Koleksi Peninggalan Jaman Dahulu, Khususnya untuk Peninggalan benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan raja-raja Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran saat ini telah di jadikan sebagai obyek wisata sejarah di Solo dan memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung karena memiliki arsitektur bangunan yang unik tempo dulu.

Ngarso Puro Night Market Solo

Ngarso Puro adalah salah satu bagian dari Jalanan Kota Solo yang disulap sedemikian rupa untuk di jadikan sebagai Kawasan yang sangat nyaman bagi warga Solo maupun sekitarnya. Kawasan Ngarso Puro ini tepatnya terletak di jalan Diponegoro atau Bagian Selatan dari Pura Mangkunegaran. Pada hari biasa, setiap harinya banyak berkumpul para anak anak muda hanya untuk sekedar nongkrong sambil berckamu antara satu dengan yang lainnya.

Akan tetapi, khusus pada hari Sabtu dan Minggu pada pukul 19.00 – 21.00 WIB tempat ini di jadikan sebagai Pusat Keramaian berupa adanya Para Pedagang yang sedang Menjajakan Barang Dagangannya. Mulai dari Batik, Makanan Khas Solo, Souvenir dan Barang Oleh-Oleh yang lainnya.

Lihat juga tempat hits di solo

Demikian tadi Informasi Seputar Pariwisata Di Solo yang wajib kamu kunjungi, semoga dapat membantu kamu dalam mencari informasi saat berwisata di kota “ the spirit of java “ ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0811 2635 845