Graha Mayang No.5
Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah
0811-2635-845
0811-2635-845
[email protected]
TWGroup Rent All City

9 Tempat Kuliner di Solo yang wajib Kamu Kunjungi

9 Tempat Kuliner di Solo yang wajib Kamu Kunjungi
by

Hay para sahabat traveler, dimanapun kamu berada khususnya buat kamu yang akan atau sedang berlibur di kota Solo.

Saya punya beberapa rekomendasi tempat kuliner di solo yang tentunya enak-enak dan murah.

Saya akan berikan sedikitnya 5 rekomendasi tempat kuliner yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke kota Solo. Berikut adalah ulasannya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Destinasi tempat kuliner yang pertama adalah Sambal Tumpang Pecel Bu Kis. Warung yang sekilas terlihat seperti warung pecel lainnya ini berada dekat dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah dan tepat di belakang Pengadilan Negeri Solo. Meskipun terlihat biasa, namun warung ini memiliki menu andalannya yaitu ‘Sambal Tumpang’.

Lihat juga destinasi wisata solo yang bagus

Sambal yang mempunyai cita rasa manis, gurih, dan sedikit pedas, sehingga akan lebih nikmat disantap bersamaan dengan nasi hangat atau bubur beras yang ditambah sayur bayam segar dan tauge. Dengan taburan bumbu yang dipadukan irisan tahu putih, krecek, tahu goreng, rempah-rempah dan ‘tempe busuk’ membuat sambal tumpang kian terasa begitu sedap.

Warung Pecel Bu Kis buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 2 siang. Mau mampir? Harus dong.

2. Sate Buntel Mbok Galak

Kuliner Solo yang terkenal dan terbuat dari daging cincang yang ‘dibuntel’ atau dibungkus dengan lemak kambing ini menjadi salah satu primadona di hati para wisatawan. Warung mbok galak sebenarnya menyajikan berbagai olahan daging kambing, namun sate buntel lah yang menjadi menu utama pilihan para pelancong.

Warung yang biasa buka mulai jam 6 pagi hingga 4 sore ini berlokasi di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar.

3. Sate Kere Yu Rebi

Kalau sebelumnya ada sate dari olahan daging kambing, nah berikut ini adalah sate yang terbuat dari olahan daging jeroan sapi. Seperti pada umumnya, sate kere juga disajikan dengan didampingi lontong.

Ada banyak penjual sate kere di Solo, namun yang paling terkenal adalah sate kere Yu Rebi yang ada di belakang Stadion Sriwedari Solo dan di Galabo. Warung Yu Rebi biasa buka mulai jam 10 pagi sampai jam 9 malam, hanya dengan uang 10 ribu kamu sudah bisa menyantap seporsi sate kere.

4. Pasar Malam Ngarsopuro

Tempat kuliner di solo selanjutnya yang harus kamu singgahi kala berkunjung di kota Solo adalah pasar malam ngarsopuro yang juga menjadi tempat para anak muda serta masyarakat sekitar untuk menghabiskan waktu malamnya dengan menyantap kuliner yang lezat.

Lokasi pasar malam yang selalu digelar pada malam minggu ini berada di jalan Diponegoro. Disini kamu bisa menikmati bermacam kuliner lezat seperti nasi liwet, sosis solo, cabuk rambak, sate kere, bakso bakar, wedang ronde dan lain-lain.

5. Selat Segar Mbak Lies

Meskipun di Solo kita bisa mencoba beberapa tempat yang menjual selat, namun yang paling terkenal adalah selat segar mbak Lies  yang berada di Gang II No. 42 Serengan.

Isi selat mbak Lies ini yaitu daun selada, potongan wortel, buncis, acar mentimun, potongan daging sapi masak semur, irisan bawang merah, galantin, kentang goreng, dan telur rebus. Tak ketinggalan guyuran kuah dan mustard yang terbuat dari campuran kuning telur dan cuka sebagai pelengkap. Saat menyantapnya kamu akan merasakan sensasi segar dan gurih.

Lihat juga wisata alam solo yang rekomended

Dekorasi warung dengan ornamen keramik seperti guci, lukisan, piring hiasan dinding, hingga meja dan kursi yang disusun sederhana menjadi sebuah keunikan tersendiri bagi warung ini.

Surakarta atau yang lebih dikenal dengan kota Solo ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah. Kota dengan slogan ‘The Spirit of Java’ ini tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya, melainkan juga tempat hiburan yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Solo juga memiliki banyak makanan khas yang sangat lezat. Berikut kami berikan ulasan tentang tempat wisata kuliner di solo yang patut untuk disambangi ketika kamu sedang plesir di kota ini.

6. Srabi Notosuman

Srabi Notosuman Solo sudah terkenal sejak tahun 1923, makanan merupakan salah satu primadona di kalangan para pelancong. Teksturnya yang lembut dengan pinggiran yang renyah memang menjadi salah satu pilihan oleh-oleh utama saat kamu plesir di Solo.

Srabi terbuat dari campuran santan dan tepung beras, adonan srabi dimasak di dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil. Srabi Notosuman memiliki dua varian rasa yaitu polos dan coklat, untuk satu porsinya yang berisi 10 buah Srabi dihargai 20 ribu sedangkan untuk yang rasa coklat dihargai 25 ribu. Sangat murah bukan? Nah, buat kamu yang ingin membeli camilan atau buah tangan Srabi Notosuman Solo, kamu bisa berkunjung ke gerainya yang ada di Jalan Mohammad Yamin No 28 ini.

7. Tahok Pak Citro di Pasar Gede

Tahok sebenarnya kuliner yang dibawa oleh pendatang asal Tionghoa. Bentuknya seperti tahu, memiliki tekstur yang lembut dan berwarna putih bersih. Saat menyantapnya tubuh akan terasa hangat karena Tahok biasanya disajikan dengan kuah yang terbuat dari rempah dan campuran gula Jawa.

Pak Citro biasanya mangkal di depan Pasar Gede mulai dari pukul 6 pagi sampai 4 sore, harga Tahok yaitu 4 ribu per mangkuk dan setiap harinya Pak Citro menyiapkan 100 mangkuk Tahok yang sering ludes sebelum sore menjelang.

7.  Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer

Bingung mau nyari menu makan siang? Tenang, karena di Pasar Klewer ada Tengkleng Bu Edi yang siap menghilangkan rasa lapar di siang hari. Tengkleng adalah olahan tulang belulang dan jeroan kambing yang memiliki cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas.

Letak lapak Bu Edi berada di sisi utara gapura Pasar Klewer, Bu Edi biasa menjajakan dagangannya mulai jam 2 siang. Namun, hanya dalam hitungan jam saja, tengklengnya pasti sudah ludes terjual. Nah, buat kamu yang ingin mampir ke warung Edi, sangat disarankan untuk siap-siap mengantri sejak jam 1 siang yah guys! Hehe..

8. Es Gempol Pleret Pak Suhar

Rekomendasi tempat wisata kuliner di solo berikutnya adalah Es Gempol Pleret Pak Suhar. Meskipun penjual gempol pleret di Solo sudah tidak sebanyak seperti dulu, kamu masih bisa kok merasakan kesegaran minuman ini di Warung Es Gempol Pleret Pak Suhar yang ada di Jalan Dr. Wahidin, tepatnya di samping Masjid Tegalsari Solo.

Warung pak Suhar biasa buka pukul 10 pagi sampai jam 4 sore, dan pastinya warung es ini selalu ramai pembeli. Jadi kamu harus sedikit mengantri untuk bisa menikmati kesegarannya. Gempol sendiri terbuat dari tepung beras yang dipapatkan dan kemudia dibentuk bulat pipih, sedangkan pleret terbuat dari adonan gula jawa dan tepung beras. Keduanya kemudian dicampur dengan santan cair dan es batu, serta diberikan sedikit saus yang terbuat dari campuran gula pasir dan gula Jawa.

9. Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede

Rasa penat setelah berkeliling kota Solo akan segera teratasi dengan menikmati semangkuk es yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih. Dijamin segar dan mengenyangkan, deh!

Hanya dengan 5 ribu kamu sudah bisa menikmati kesegaran es dawet telasih Bu Dermi.

Itu dia tempat kuliner di solo yang menawarkan beragam masakan lezat dan murah sehingga sangat sayang sekali kalau sampai terlewatkan saat kamu berkunjung di kota Solo.


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0811 2635 845