Graha Mayang No.5
Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah
0811-2635-845
0811-2635-845
[email protected]
TWGroup Rent All City

4 Tempat Oleh Oleh khas Solo Yang Paling Populer

Oleh Oleh khas Solo
by

Tak hanya wisata alam, budaya, sejarah saja solo juga punya wisata kuliner yang tak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa menjadikan jajanan khas solo sebagai oleh-oleh untuk teman atau sanak keluarga. Banyak sekali kudapan hingga makanan tradisional yang di jajakan di setiap sudut wisata kota Solo.

Jadi jangan hanya berkeliling wisata alam, sejarah, budaya saja tapi sempurnakan kunjungan pariwisata kamu dengan membawakan oleh-oleh kepada yang di rumah. Aneka jajanan khas, barang antik, dan sovenir-sovenir lain menjadi pilihan pas untuk dijadikan buah tangan.

Mau beli oleh-oleh tapi kamu nggak tahu dimana menemukannya? Berikut kami sajikan informasi beberapa tempat oleh oleh khas solo di bawah ini :

Oleh Oleh khas Solo

1. Serabi Notosuman

Kurang lengkap rasanya bila bertamasya ke kota Solo tanpa mampir dan mencicipi¬† jajanan khas Serabi Notosuman. Sebenarnya di Solo banyak sekali penjaja serabi, namun yang paling terkenal yakni Serabi Notosuman. Pemberian nama “Notosuman” diambil dari nama jalan yakni jalan Notosuman yang kini berganti menjadi jalan M. Yamin.

Lihat juga Tempat Wisata Keluarga di Solo

Karena kepopulerannya, Serabi Notosuman menjadi salah satu oleh-oleh khas kota Solo favorit bagi para wisatawan. Tak seperti serabi pada umumnya, Serabi Notosuman tidak berbentuk bulat melainkan digiling menggunakan daun pisang sehingga bentuknya lonjong. Rasanya yang legit, tekstur lembut dan kenyal, akan semakin lezat bila disantap saat masih hangat. Untuk membawakan oleh-oleh satu ini cobalah datang ke jalan M. Yamin.

2. Nasi Liwet

Nasi liwet nerupakan kuliner asli Solo yang banyak sekali dijumpai di setiap sudut kota Solo. Namun agar kamu nggak salah pilih, datanglah ke Nasi Liwet Bu Sarmi, karena Bu Sarmi adalah penjual nasi liwet kaki lima terfavorit di Solo. Walaupun menu lauk yang ditawarkan sederhana, rasanya luar biasa. Tempat yang buka jam 17:00 di Jalan Kapten Mulyadi, Lojiwetan ini selalu ramai pembeli. Jadi, saran untuk kamu yang mau berkunjung ke sini, datanglah sebelum waktu jam makan malam.

3. Kampung Batik Laweyan

Berada di JL. Dr. Radjiman No.521, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah, kampung seluas 24 hektar yang terbagi menjadi 3 blok ini, menjadi spot menarik bagi para wisatawan. Kampung batik ini sudah ada saat zaman kerajaan Pajang, yakni sekitar tahun 1546 M dan dihuni oleh juragan-juragan batik. Karena usianya yang sudah lama, kampung ini dihiasi bangunan-bangunan kuno dengan beraneka ragam gaya arsitektur, mulai dari gaya tradisional Jawa, China, hingga Eropa. Selain sebagai sarana edukasi, kampung batik Laweyan merupakan tempat oleh oleh khas solo yang bisa kamu datangi. Mengapa disebut wisata edukasi? Pasalnya di sini kamu diizinkan melihat langsung keseluruhan proses pembuatan batik oleh tangan terampil para pengrajin. Sambil mendengarkan alunan musik keroncong, karawitan dan rebana yang dimainkan warga setempat, kamu bisa memborong kain batik untuk dijadikan oleh-oleh khas bagi orang tercinta di rumah.

4. Pasar Antik Triwindhu

Pasar Antik Triwindhu tergolong pasar loak tradisional, namun di pasar Antik Triwindu ini kamu akan dijajakan aneka macam suvenir, pajangan rumah dan barang antik buruan para kolektor.

Pajangan-pajangan dan benda-benda antik itu diantaranya, gelas, piring, cermin dan lampu antik, lampu minyak, frame beserta lukisan kuna, gramafon, wayang, patung-patung, keris, koin kuno, sampai dengan fosil makhluk purba yang diambil dari Sangiran.

Lihat juga Tempat Hits Di Solo

Tempat oleh oleh khas Solo satu ini bisa kamu kunjungi mulai jam 9 pagi hingga jam 4 sore di JL. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Nah itulah ulasan kali ini tentang beberapa rekomendasi tempat oleh oleh khas solo. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Happy holiday.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0811 2635 845