Graha Mayang No.5
Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah
0811-2635-845
0811-2635-845
twgrent@gmail.com
TWGroup Rent All City

3 Museum Di Solo Yang Mengandung Sejarah

3 Museum Di Solo Yang Mengandung Sejarah

Museum bukan hanya sebagai tempat yang antik, tetapi juga dapat disebut sebagai tempat berwisata sekaligus menambah wawasan. Ketika berwisata ke solo atau surakarta, rasanya tidak akan lengkap jika tidak menelusuri tempat-tempat yang sangat bersejarah di berbagai museum di Solo.

Disana para pengunjung dapat menyaksikan berbagai benda-benda peninggalan budaya dan dapat mengambil pembelajaran juga loh. Kota solo sendiri telah mendapatkan sebutan dari dunia yakni “ the spirit of java “. Tentu saja, ini merupakan sebuah keputusan yang terbaik jika mengunjungi bermacam macam tempat bersejarah di kota ini.

Lihat juga Taman di solo

Berikut ini beberapa museum yang antik hingga unik yang ada di kota solo :

Museum Radya Pustaka

Museum radya pustaka adalah museum tertua di solo dan merupakan museum tertua di indonesia. Arti dari museum ini merupakan penggabungan dari dua kata yakni, “radya” yang berati “ pemerintah” dan “pustaka” yang berarti “surat”. Saat itu tempat ini merupakan rumah tempat tinggal warga belanda yang bernama Johannes Busselaar.

Museum ini dahulu merupakan tempat penyimpanan surat-surat kerajaan. Namun, seiring berjalannya waktu tempat ini di jadikan museum karena terdapat banyak sekali benda benda yang sangat mendidik dan menginformasi bagi para pengunjung. Akhirnya, museum ini didirikan dan di buka untuk umum pada tanggal 28 oktober 1890 pada masa pemerintahan Pakubuwono ke IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV.

Koleksi antik yang terdapat di museum ini ada berbagai macam baju tradisional, patung, wayang kulit, topeng, buku, gamelan, berbagai foto-foto kuno dan lain sebagainya. Sejak tanggal 1 januari 1913, museum ini telah dipindahkan ke jalan Slamet Riyadi, yang merupakan jalan utama di kota Solo dan letaknya masih berada dalam satu komplek dengan kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Museum Keris Nusantara

Museum merupakan tempat yang banyak sekali menyimpan ratusan koleksi benda tradisional dari berbagai daerah di indonesia. Terletak di jalan bhayangkara no 2, sriwendari. Mayoritas koleksi yang di simpan di museum ini berasal dari daerah Jawa, maka dinamakan museum keris karena senjata khas tanah jawa adalah keris.

Keseluruhan koleksi di museum ini terdapat 233 keris dan tombak uang di pajang. Sisanya akan di pajang dan disimpan secara bergiliran selama tiga bulan sekali. Keris yang akan di pamerkan bukanlah keris sembarangan, karena setiap keris memiliki filosofis leluhur yang diyakini masyarakat Jawa. Terdapat juga beberapa keris yang sejak abad ke 8 hingga 9 dari tangguh budha, singosari dan majapahit. Sungguh antik banget kan?, langsung kunjungi aja.

Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional merupakan museum di Solo yang berfungsi sebagai tempat untuk menyelami pengetahuan hingga pendokumentasian tentang berbagai sejarah pers nasional melalui benda-benda bersejarah. Para pengunjung dapat mengetahui jejak napak tilas perjuangan para tokoh negara yang telah memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

Museum Di Solo ini juga terdapat arsip media cetak yang berupa koran hingga majalah dari seluruh penjuru nusantara yang berasal dari tahun sebelum kemerdekaan hingga sekarang. Monumen yang sangat dijaga oleh Dinas Kebudayaan ini telah mengoleksi kurang lebih 15.000 judul yang dapat diakses dan di pinjam secara bebas, karena keanggotaan perpustakaan dalam Pers Nasional ini sangat terbuka untuk berbagai macam kalangan.

Lihat juga mall di solo

Nah, itulah beberapa Museum Di Solo,The Spirit Of Java. Jangan lupa untuk berkunjung ke tempat yang sangat bersejarah ini. Beragam koleksi yang antik hingga unik, pasti membuat para pengunjung semakin bertambah ilmu pengetahuan tentang sejarah terbentuknya Bangsa Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0811 2635 845