Graha Mayang No.5
Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah
0811-2635-845
0811-2635-845
[email protected]
TWGroup Rent All City

2 Taman Di Solo Yang Instagramable

2 Taman Di Solo Yang Instagramable
by

Solo merupakan kota yang bukan hanya sebagai tempat destinasi wisata dan budaya. Akan tetapi, kota ini juga memiliki beberapa taman cantik yang sangat pas untuk di sambangi para wisatawan. Selain indah, Taman Di Solo ini memiliki latar belakang sejarah yang sangat kental juga loh!.

Lihat juga Mall di Kota solo

Selain menikmati kesejukan dan sisi hijau kota solo, keindahan dari sejarah kota ini sangatlah unik untuk di pelajari. Berikut ini beberapa taman yang ada di kota solo :

Taman Balekambang

Taman ini adalah taman yang berada di Jalan Balekambang no 1. Balekambang merupakan penggabungan kata antara “Bale” yang berarti “Rumah” dan ”Kambang” yang berarti ”memgambang”. Dua kata ini mewakili sebuah rumah yang berada di tengah-tengah taman. Taman yang memiliki perpaduan antara gaya Eropa dan Jawa ini di beri nama sesuai nama jalannya. Taman ini dibangun oleh Mangkunegara VII untuk anaknya yakni Partini Husein Djayadiningrat dan Partini Sukanta.

Sekarang kedua nama tersebut telah menjadi bagian dari taman yang di buat tahun 1921. Taman seluas 9,8 hektar ini menyuguhkan pemkamungan hijau yang menyejukkan mata. Masyarakat sekitar dan para wisatawan juga selalu berbaur untuk menikmati keindahan taman, menyusuri jalan setapak di bawah naungan pohon rindang dan duduk di taman sembari menikmati keindahan dan kesejukan udara yang segar.

Di taman ini juga menyajikan pertunjukan Ketoprak Lesung atau Ketoprak yang di iringi oleh musik lesung yang sering diadakan mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB setiap harinya. Pertunjukan ini di pertontonkan secara gratis tanpa para pengunjung membeli tiket masuk nya.

Taman Banjar Sari

Taman yang satu ini merupakan lahan seluas 17 ribu m² yang memiliki pohon-pohon yang rindang dan bunga yang bermekaran. Ketika menjelang sore hari, banyak penduduk yang menyambangi taman banjarsari ini karena waktunya sangat cocok untuk menikmati sejuknya pepohonan yang hijau membentang. Selain sebagai tempat rekreasi, taman ini juga menyuguhkan wisata sejarah bagi kamu yang ingin mempelajari pengetahuan.

Pada abad ke 17, area ini masih berupa arena pacuan kuda lengkap dengan tribun penonton dan para petinggi mangkunegaran untuk menonton pertandingan. Nah, makanya taman ini dulunya di kenal sebagai Kampung Balapan. Akan tetapi nama itu kemudian diidentikkan menjadi stasiun KA utama di kota Solo, Stasiun Balapan yang terletak tidak jauh dari taman Banjarnegara.
Kemudian sekitar tahun 1989, taman ini telah di sewakan kepada para pegawai Belkamu yang bekerja di perkebunan.

Lihat juga Wisata solo dan sekitarnya

Akhirnya, muncullah rumah-rumah bergaya Belanda dan sekarang menjadikan Taman Banjar Sari menjadi kawasan elit di Surakarta. Selain itu, di taman ini juga terdapat monumen 45 di tengah taman. Monumen ini di buat setinggi 10 meter yang bertujuan untuk mengenang sejarah Peristiwa Penyerangan 4 hari di Solo. Para pengunjung tak perlu membeli tiket untuk memasuki taman ini, karena tidak di pungut biaya sedikit pun untuk menikmati keindahan dan mengambil pelajaran dari mengelilingi taman ini.

Taman Di Kota Solo banyak yang dijadikan sebuah destinasi wisata bagi para pengunjung yang ingin berlibur dengan keluarga, teman maupun orang tersayang lainnya. Para wisatawan dapat menikmati keasrian taman yang masih bernuansa jaman dulu sehingga, memiliki keistimewaan tersendiri.

Tidak hanya sebagai tempat berwisata, Taman Di Solo juga dapat menyuguhkan kamu beberapa pengetahuan agar kamu menjadi memiliki banyak wawasan tentang sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia.


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0811 2635 845